Ketahui Perbedaan Emas Muda dan Emas Tua

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Emas merupakan salah satu bahan andalan dalam pembuatan perhiasan karena memiliki kesan mewah tersendiri. Pentingnya mengetahui perbedaan antara emas muda dan emas tua adalah untuk membantumu membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih perhiasan atau produk emas lainnya sesuai dengan keinginanmu. 

Pemahaman tentang perbedaan dalam warna dan komposisi logam yang digunakan dalam emas muda dan emas tua memungkinkan para pecinta perhiasan untuk membuat pilihan yang lebih tepat sesuai dengan tampilan yang diinginkan. Pemahaman ini juga penting dalam hal perawatan dan pemeliharaan perhiasan emas, karena komposisi logam yang berbeda dapat mempengaruhi ketahanan dan keawetan produk tersebut. 

Selain itu, dengan mengetahui perbedaan antara kedua jenis emas ini, kamu dapat merencanakan pembelian perhiasan yang sesuai dengan budget. Kamu harus cari tahu dulu mengenai karakteristik dan nilai dari produk emas yang akan kamu pilih.

Yuk, simak penjabaran mengenai perbedaan emas muda dan emas tua berikut ini!

Baca juga : Model Kalung Emas Terbaru dan Kekinian, Mewah dan Elegan

Perbedaan Emas Muda dan Emas Tua

1. Kadar Emas

Source: Pinterest

Kadar karat pada emas muda lebih rendah daripada emas tua, dimana kadar emas muda di bawah 70%. Sedangkan emas tua mempunyai kadar karat emas lebih di atas 70%. Ini berarti emas tua dengan kadar 24 karat memiliki 99,99% kandungan emas murni. Berbeda dengan emas muda yang biasanya digunakan sebagai perhiasan dengan campuran bahan lain sekitar 25% seperti, logam, tembaga, dan seng.

Berikut daftar kadar emas dan besar karatnya yang perlu kamu ketahui:

  1. 10 karat dengan kadar emas murni sebesar 41,70%-58,30%
  2. 14 karat dengan kadar emas murni sebesar 58,30%-62,50%
  3. 18 karat dengan kadar emas murni sebesar 75,40%-78,19%
  4. 19 karat dengan kadar emas murni sebesar 78,20%-82,29%
  5. 20 karat dengan kadar emas murni sebesar 82,30%-86,49%
  6. 21 karat dengan kadar emas murni sebesar 86,50%-90,59%
  7. 22 karat dengan kadar emas murni sebesar 90,60%-94,79%
  8. 23 karat dengan kadar emas murni sebesar 94,80%-98,89%
  9. 24 karat dengan kadar emas murni sebesar 99,00%-99,99%
  10. Tampilan Emas

Source: Pinterest

Emas muda memiliki tampilan yang lebih mengkilap dengan warna yang dipengaruhi juga dengan warna campurannya, sehingga warnanya tidak begitu pekat atau justru lebih cerah. Berbeda dengan emas tua yang memiliki warna emas pekat karena kadar emasnya yang begitu tinggi. Emas tua cenderung memiliki warna yang redup karena telah teroksidasi. 

Baca juga : 5 Bentuk Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Pria

3. Ketahanan Emas

Source: Pinterest

Emas muda memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan emas tua. Mengapa demikian? Karena emas muda menggunakan bahan campuran dengan logam lain sebagai pengerasnya. Sedangkan, emas tua lebih lembek karena mengandung emas murni tanpa bahan campuran logam lainnya.

4. Harga Emas

Source: Pinterest

Sudah jelas terlihat dari kandungan kadar emasnya, dimana kadar emas tua yang lebih murni tentunya dibandrol dengan harga yang lebih mahal daripada emas muda yang mengandung campuran. Namun, bisa saja harga jual emas muda naik, yang terpenting kualitasnya bagus dan memiliki sertifikat.

Baca juga : 5 Cara membedakan emas asli dan palsu, Anti Tertipu!

Nah, itulah beberapa perbedaan antara emas muda dan emas tua yang perlu kamu tahu sebelum menentukan untuk membeli perhiasan atau ingin berinvestasi dalam bentuk emas. 

Dapatkan berbagai perhiasan cantik dengan harga terjangkau dari brand-brand ternama hanya di ZALORA! Nikmati ekstra diskon dan penawaran menarik lainnya khusus untukmu

Penulis: Fitrian Nurentama