Tutorial Memakai Dasi dengan Rapi, Stylish dan Cepat! 

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!” 

Dasi adalah aksesoris pakaian yang umum digunakan oleh pria untuk melengkapi penampilan formal atau semi-formal. Hanya dengan memakai dasi, penampilan kalian langsung terlihat elegan dan formal dalam sekilas. Namun, jangan sampai salah pakai dasi! Kalau salah penampilan kalian pasti langsung auto terlihat kurang rapi. 

Nah, berikut ini adalah tutorial memakai dasi untuk pemula:

Persiapan Memakai Dasi

Pertama-tama, siapkan dasi dan kemeja. Pastikan ukuran dasi sesuai dengan ukuran kemeja kamu. Jangan lupa juga leher dasi harus berada di atas tulang dada dan ujung tebal dasi harus berada di bawah ujung tipis dasi.

Baca juga : Kenali Apa itu Kacamata Anti Radiasi dan Manfaatnya Bagi Mata

Langkah-Langkah Memakai Dasi

Setelah dasi dan kemeja selesai disiapkan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melingkarkan dasi di sekitar kerah, dengan ujung tebal berada di sebelah kiri dan ujung tipis berada di sebelah kanan lalu bawa ujung tebal ke bawah dan melewati bagian belakang kerah. 

Langkah kedua, bawa ujung tebal ke atas dan melewati bagian depan kerah dan bawa ujung tebal ke bawah dan melewati bagian belakang kerah lagi. Lalu bawa ujung tebal ke atas dan melewati bagian depan kerah lagi. Tarik ujung tebal dan ujung tipis dasi hingga membentuk simpul dan akhirnya atur posisi simpul dasi hingga terlihat rapi.

Nah, mimin ada tips nih! Untuk membuat simpul dasi yang lebih kecil, kamu bisa gunakan ujung tebal dasi yang lebih pendek. Sebaliknya, jika membuat simpul dasi yang lebih besar, gunakan ujung tebal dasi yang lebih panjang.

Baca juga : Rekomendasi Bucket Hat Model Kekinian untuk Pria dan Wanita

Jenis-jenis simpul dasi

Ada beberapa jenis simpul dasi yang umum digunakan, yaitu:

  • Four-in-hand knot : Simpul dasi yang paling sederhana dan paling mudah dipelajari. Simpul ini cocok untuk kalian yang suka menggunakan kemeja dengan kerah lebar atau sempit dan cocok untuk digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti ke kantor.
  • Half-Windsor knot : Model dasi yang lebih besar dan lebih formal daripada four-in-hand knot. Simpul ini cocok untuk kemeja dengan kerah lebar.
  • Full-Windsor knot : Simpul dasi yang paling besar dan paling formal. Simpul ini cocok untuk kemeja dengan kerah lebar dan untuk acara-acara formal seperti ke acara nikahan atau ulang tahun.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat belajar cara memakai dasi dengan mudah. Dengan sedikit latihan, kamu akan lancar dalam membuat simpul dasi yang rapi dan elegan. 

Baca juga : Tips Kenakan Setelan Jas Pria, Maskulin dan Menawan

Dapatkan produk dasi pria yang berkualitas dan fashionable dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Nikmati banyak promo dan diskon yang sedang menantimu.

Penulis: Audrylea Reika