Apa Itu Met Gala? Sejarah, Tema dan Kostum 

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Saat ini, Met Gala yang kita kenal sekarang merupakan salah satu acara malam terbesar untuk fashion yang dipenuhi dengan selebriti dan tokoh terkenal dunia. 

Apa itu met gala? Met Gala adalah acara tahunan yang diselenggarakan di New York untuk The Metropolitan Museum of Art & Costume. Acara ini menggabungkan fashion, seni, dan budaya, dan menampilkan beberapa orang paling terkenal di dunia. Tujuan dari acara ini adalah menggalang dana untuk departemen kostum dan fashion pada museum tersebut.

Met Gala pertama kali diadakan pada tahun 1948 untuk mengumpulkan dana untuk Costume Institute, departemen pakaian di Metropolitan Museum of Art. Acara ini awalnya dikenal sebagai Costume Institute Gala, dan diadakan untuk merayakan pembukaan pameran baru di museum.

Pada tahun 1973, Anna Wintour, editor Vogue, menjadi ketua Met Gala. Wintour bertanggung jawab untuk mengubah acara tersebut menjadi acara yang glamor dan eksklusif. Dia juga memperkenalkan tema tahunan untuk Met Gala, yang membantu membuat acara tersebut lebih menarik dan inovatif.

Baca juga : Apa itu Bahan Linen dan Kelebihannya

Tema

Tema tahunan Met Gala membantu mengarahkan tema pameran Costume Institute. Tema-tema tersebut berkisar dari sejarah mode hingga pop budaya. Beberapa tema Met Gala yang paling terkenal termasuk:

Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination (2018)

Tema Met Gala: Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination

Camp: Notes on Fashion (2019)

Tema Met Gala: Camp: Notes on Fashion

In America: A Lexicon of Fashion (2021)

Tema Met Gala: In America: A Lexicon of Fashion

In America: An Anthology of Fashion (2022)

Tema Met Gala: In America: An Anthology of Fashion

Kostum

Kostum Met Gala adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu dari acara tersebut. Selebriti dan tamu terkemuka sering mengenakan pakaian yang sangat mewah dan inovatif. Beberapa kostum Met Gala yang paling terkenal termasuk:

  • Rihanna mengenakan gaun berbentuk telur oleh Guo Pei pada tahun 2015.

Source: Vanity Fair

  • Kim Kardashian mengenakan gaun yang terbuat dari plastik transparan oleh Thierry Mugler pada tahun 2019.

Source: W Magazine

  • Billy Porter mengenakan gaun emas yang terbuat dari bulu oleh The Blonds pada tahun 2019.

Source: CNN

Baca juga : Model Baju Pesta Renda, Glamor dan Anggun

Met Gala 2023

Met Gala 2023, yang diadakan pada tanggal 2 Mei, merayakan pembukaan pameran “In America: An Anthology of Fashion”. Tema tahun ini adalah “Gilded Glamour”, dan para tamu diminta untuk mengenakan pakaian yang terinspirasi dari era Gilded Age Amerika (1870-1900).

Beberapa kostum Met Gala 2023 yang paling terkenal termasuk:

  • Blake Lively mengenakan gaun ungu yang terbuat dari taffeta oleh Atelier Versace. Gaun itu memiliki ekor yang bisa dilepas yang melambangkan Gedung Empire State.


Source: Hindustan Times

  • Zendaya mengenakan gaun emas yang terbuat dari payet oleh Louis Vuitton. Gaun itu terinspirasi dari gaun yang dikenakan oleh Gilda Gray dalam film “The Taming of the Shrew” (1929).

Source: ELLE

  • Lil Nas X mengenakan gaun emas yang terbuat dari kristal oleh Versace. Gaun itu terinspirasi dari gaun yang dikenakan oleh penyanyi opera Italia Adelina Patti pada akhir abad ke-19.

Source: Harper’s Bazaar

  • Tahun ini, untuk memberi penghormatan kepada mendiang direktur kreatif Chanel, Karl Lagerfeld. Anne Hathaway menggunakan dress berbahan tweed dengan slit setinggi paha dengan detail peniti emas ikonik dari Chanel.

Source: Teen Vogue

Nah, itu semua penjelasan tentang apa itu Met Gala. Yang mana kostum favoritmu? Semoga bermanfaat ya!

Baca juga : Model Baju Bridesmaid Satin Polos, Cantik Menawan

Dapatkan berbagai macam produk original dari fashion hingga skincare brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika