Jangan Salah Pilih! Lakukan Tips Ini Saat Fitting Baju 

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Pernahkah kamu berbelanja pakaian di mall atau menjahitkan baju ke penjahit? Tentunya, sebelum memutuskan untuk membeli pakaian, kamu wajib melakukan fitting terlebih dahulu. Apa itu fitting baju? Fitting baju merupakan proses pengepasan pakaian sesuai dengan bentuk tubuhmu sebelum melakukan pembayaran atau proses akhir finishing baju jika kamu ke penjahit.

Dengan melakukan fitting baju, kamu bisa mengganti ke opsi baju lain jika kamu fitting di toko baju jadi. Namun, jika kamu fitting baju ke penjahit, kamu bisa menyesuaikan kembali ukuran baju dengan ukuran badanmu agar nantinya baju tersebut nyaman dipakai saat acara. Adapun beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan saat fitting baju berikut ini.

Apa Aja Sih yang Penting Saat Fitting Baju?

1. Warna, Model, Bahan Baju

Source: Pinterest

Pasti saat berbelanja baju, hal pertama yang kamu lihat adalah model, warna, dan bahan baju yang sesuai dengan style mu bukan? Jika model dan warna baju cocok denganmu pasti kamu akan lebih percaya diri. Kamu bisa pilih warna colorfull atau warna netral seperti hitam, putih, atau nude kecoklatan.

Baju yang nyaman digunakan biasanya berbahan katun, wol, sutra, atau polyester. Baju dengan bahan berkualitas akan nyaman dipakai seharian. 

Baca juga : Wajib Tahu! Inilah Standar Urutan Ukuran Baju

2. Kenali Ukuran Tubuh

Source: Pinterest

Setiap orang memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang beraneka ragam. Saat memilih baju ditoko kamu harus mengetahui size baju mu, apakah XS, S, M, L, XL, atau XXL. Sedangkan untuk pemilihan celana kamu juga harus memastikan dengan size nomor celana mu yang benar. 

Namun, bila kamu memesan baju ke desainer atau penjahit, kamu perlu mengukur beberapa bagian tubuh seperti lingkar dada, lingkar pinggang, lingkar pinggul, panjang lengan, panjang tubuh, dan lebar bahu. Beri jarak 1-2 cm dari ukuran yang asli, agar tidak terlalu ketat dan lebih nyaman untuk bergerak.

3. Tentukan Waktu Penyesuaian Baju

Source: Freepik

Jika kamu membeli baju di toko, kamu hanya cukup sekali saja melakukan fitting baju. Berbeda lagi jika kamu menjahitkan baju ke desainer atau penjahit. Kamu akan memiliki beberapa kali sesi fitting hingga akhirnya cocok dengan keinginanmu. 

Saat fitting baju, bisa saja tiba-tiba ukuran tubuh yang sudah diukur kemarin dan menjadi patokan membuat baju tidak sesuai dengan proporsi tubuhmu saat dikenakan. Hal ini sangat biasa terjadi, karena bisa saja selama proses pembuatan baju, tubuhmu semakin kurus atau gemuk, sehingga tidak pas saat fitting baju.

Ini tidak menjadi masalah besar, inilah gunanya fitting baju sebelum mendekati hari H acara. kamu bisa melakukan penyesuaian ulang dengan mengecilkan atau membesarkan baju. Lakukanlah fitting berkali-kali hingga kamu merasa nyaman dan pas dengan baju yang kamu kenakan.

Baca juga : Rekomendasi Merk Jilbab Segi Empat yang Bagus dan Nyaman

4. Sepatu atau Accessories Tambahan

Source: Pinterest

Selain baju, sepatu dan accessories tambahan seperti kalung atau gelang juga perlu diperhatikan. Carilah sepatu yang cocok dengan ukuran kakimu dan nyaman saat digunakan. Untuk perhiasan, pilihlah perhiasan yang sesuai dengan look baju yang akan kamu pakai saat acara.

Itulah beberapa tips dan hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat fitting baju. Bagaimana apakah kamu sudah tahu pentingnya fitting baju?

Dapatkan berbagai produk pakaian berkualitas hanya di ZALORA. Nikmati berbagai penawaran menarik dan ekstra diskon yang sayang untuk dilewatkan.

Penulis: Fitrian Nurentama