Perbedaan Toner dan Micellar Water, Bagusan yang Mana?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!

Semakin ke sini, tentu saja kebutuhan akan kulit juga semakin meningkat. Hal ini bisa terjadi akibat faktor luar, seperti polusi yang semakin tinggi, curah hujan, sinar matahari yang rasanya kian hari semakin menyengat, hingga rutinitas yang tidak ada selesainya.

Semua faktor-faktor di atas, tentu saja membuat kulit wajah menjadi rentang terhadap kerusakan. Maka dari itu, ZALORAns perlu menambahkan beberapa produk perawatan kulit ke dalam skincare routine, sehingga kulit tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan yang semakin parah.

Adapun salah satu produk yang bisa ditambahkan ke dalam rutinitas perawatan kulit wajah adalah toner dan micellar water. Tapi tahan dulu. Apakah ZALORAns tahu perbedaan antara toner dan micellar water? Menurut ZALORAns, mana yang lebih baik: toner atau micellar water?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, ZALORAns perlu membaca artikel ini karena kali ini zalora akan membahas perbedaan antara toner dan micellar water. Simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Baca juga : 4 Rekomendasi Micellar Water untuk Kulit Berjerawat

Pengertian dan Fungsi Toner

Siapa yang tidak kenal dengan produk skincare yang satu ini? Toner adalah salah satu produk dalam rangkaian perawatan kulit yang kerap dipandang sebelah mata. Faktanya, toner membantu menjaga kesehatan kulit dengan cara menghilangkan sisa-sisa kotoran, makeup dan residu serta minyak berlebih. 

Selain itu, menurut Dr. Joshua Zeichner, toner adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit karena membantu mengembalikan pH alami kulit dan memberikan kelembapan yang diperlukan untuk keseimpangan optimal.

Tidak hanya itu, ada beberapa fungsi toner yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan kulit wajah yang ideal. 

Menyeimbangkan pH Kulit

Salah satu fungsi utama toner adalah untuk menyeimbangkan pH kulit setelah proses pembersihan. Pembersihan wajah dengan sabun dapat mengganggu pH alami kulit, dan toner membantu mengembalikan keseimbangan ini, mempersiapkan kulit untuk menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Menyiapkan Kulit untuk Perawatan Selanjutnya

Penggunaan toner sebelum produk perawatan lainnya, seperti serum atau pelembab, dapat membantu meningkatkan penyerapan bahan aktif oleh kulit. Ini memastikan bahwa produk perawatan kulit bekerja dengan lebih efektif.

Menghidrasi dan Menyegarkan

Beberapa toner mengandung bahan-bahan yang melembabkan dan menyegarkan kulit, seperti asam hialuronat atau ekstrak tumbuhan. Ini dapat memberikan kelembapan tambahan dan sensasi kesegaran pada kulit.

ZALORAns sudah tahu pengertian dan fungsi dari toner itu sendiri. Singkatnya, toner merupakan produk preparation untuk kulit sebelum lanjut ke produk berikutnya. Dengan mengaplikasikan toner, kulit wajah menjadi segar dan kadar pH dalam kulit juga menjadi seimbang. 

Lalu, apa peran dan fungsi dari micellar water? Apakah micellar water diperlukan dan dapat dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam perawatan rutinitas wajah? 

Pengertian dan Fungsi Micellar Water

Banyak orang yang masih beranggapan, bahwa micellar water dan toner merupakan dua hal yang sama. Bahkan, tak jarang juga yang menyatakan bahwa tidak perlu menggunakan micellar water jika sudah menggunakan toner, dan begitu pula sebaliknya. 

Menurut Dr. Emily Jonhson, Micellar water adalah solusi pembersih yang sangat efektif untuk kulit sensitif karena bekerja dengan lembut tanpa menyebabkan iritasi. Kandungan michelle-nya membantu mengangkat kotoran dan minyak dengan lembut dari kulit. 

Dari kutipan diatas dapat sedikit kita simpulkan, bahwa micellar water masuk ke dalam salah satu produk pembersih kulit sama seperti toner, hanya saja kandungannya sangat lembut sehingga bisa digunakan untuk pemilik kulit wajah yang sensitif. 

Secara harfiah, micellar water adalah solusi pembersih ringan yang mengandung michelle, yaitu molekul kecil yang dapat menangkap dan mengangkat kotoran, minyak, serta makeup dari kulit. 

Micelle adalah struktur molekuler yang terdiri dari “kepala” hidrofilik yang menarik kotoran dan “ekor” hidrofobik yang menarik minyak, memungkinkan mereka untuk mengangkat kotoran dari kulit dengan lembut. Ada beberapa fungsi dari micellar water itu sendiri,

Membersihkan dengan Lembut

Micellar water bekerja dengan cara menarik kotoran dan minyak dari kulit tanpa mengeringkannya. Ini menjadikannya pilihan yang cocok untuk kulit sensitif yang rentan terhadap iritasi.

Tanpa Bilas

Salah satu keunggulan micellar water adalah ZALORAns tidak perlu membilasnya setelah penggunaan. Ini membuatnya menjadi pilihan yang praktis untuk membersihkan kulit dimanapun ZALORAns berada.

Menghilangkan Makeup

Micellar water efektif dalam menghapus makeup, bahkan makeup tahan air sekalipun, tanpa perlu menggosok kulit dengan keras. Ini membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Baca juga : Rekomendasi Toner Untuk Kulit Kering, Bye Kulit Kering!

Perbedaan Antara Toner dan Micellar Water

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa toner dan micellar water merupakan salah satu agen pembersih kulit wajah yang sama-sama diformulasikan khusus untuk mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran, residu, hingga minyak berlebih.

Untuk memperjelas pembeda antara toner dan micellar water, berikut zalora sudah merangkumnya khusus untuk ZALORAns

Kandungan dan Formula

Toner: Toner umumnya mengandung bahan-bahan yang bertujuan untuk menyeimbangkan pH kulit dan memberikan manfaat tambahan seperti hidrasi, antioksidan, atau bahan aktif lainnya. Beberapa toner juga mengandung alkohol, meskipun ada banyak pilihan tanpa alkohol yang lebih lembut bagi kulit sensitif.

Micellar Water: Micellar water terdiri dari molekul micelle yang dapat menarik kotoran, minyak, dan makeup dari kulit tanpa perlu dibilas. Biasanya, micellar water tidak mengandung alkohol dan formulanya lebih lembut, menjadikannya pilihan yang cocok untuk kulit sensitif.

Tujuan Penggunaan

Toner: Toner digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit setelah proses pembersihan dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk perawatan kulit selanjutnya. Beberapa toner juga mengandung bahan-bahan aktif yang dapat menyempurnakan dan memperbaiki kondisi kulit.

Micellar Water: Micellar water digunakan sebagai pembersih kulit yang efektif untuk mengangkat sisa-sisa makeup, kotoran, dan minyak. Karena formulanya yang lembut, micellar water juga sering digunakan untuk membersihkan kulit di sekitar mata dan bibir.

Baca juga : Rangkaian Facial Wash Wardah : Bersihkan Wajah Secara Optimal

Rekomendasi Toner dan Micellar Water 

Bagi ZALORAns yang masih bingung dengan produk toner dan micellar water, berikut zalora sudah merangkum beberapa rekomendasi toner dan micellar water yang sekiranya bisa dipertimbangkan untuk digunakan di tahun 2024 ini. 

1. Somethinc Skin Goals Vita Propolis Essence Toner

Source: Zalora

Rekomendasi toner yang pertama adalah Somethinc Skin Goals Vita Propolis Essence Toner. Yang menjadi pembeda antara produk ini dengan yang lain adalah toner ini mengandung Vitamin C dan Korea Propolis yang sangat bermanfaat untuk menyamarkan noda bekas jerawat, menyegarkan, sekaligus mencerahkan kulit wajah yang kusam. 

2. Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 

Source: Zalora

Rekomendasi toner selanjutnya adalah Avoskin Your Skin Bae Niacinamide. Toner ini sudah mengandung 7% Niacinamide dan Alpha Arbutin yang sangat efektif untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat. Produk ini juga bisa dipakai untuk semua jenis kulit termasuk kulit yang sensitif. 

3. Garnier Micellar Water Pink 

Source: Zalora

Rekomendasi micellar water yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan adalah Garnier Micellar Water Pink. Produk ini termasuk produk yang cukup viral dan hits sampai sekarang karena efektif untuk mengangkat kotoran, debu dan makeup sampai ke lapisan pori terdalam.

Baca juga : Mana Urutan Yang Benar: Serum Dulu atau Moisturizer? 

Bagi kamu yang ingin membeli produk toner dan micellar water terbaik, kamu bisa membeli keperluan skincare lainnya di ZALORA Indonesia dengan penawaran eksklusif setiap harinya dan produk dijamin original. 

Penulis: Ananda F Muhammad