PRP Treatment, Treatment Kecantikan Dengan Darah!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Apakah kalian pernah mendengar tentang prosedur kecantikan bernama PRP treatment? Platelet-rich plasma treatment (PRP) adalah prosedur medis yang menggunakan plasma darah kaya trombosit untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk cedera jaringan, penuaan, dan rambut rontok.

Plasma darah kaya trombosit adalah plasma darah yang mengandung jumlah trombosit yang lebih tinggi dari plasma darah normal. Trombosit adalah sel darah yang membantu proses penyembuhan luka dengan melepaskan faktor pertumbuhan yang mendorong pertumbuhan sel dan pembuluh darah baru. 

Baca juga : 5 Manfaat Pedicure Bagi Kesehatan

Cara Kerja PRP Treatment

Suntik PRP menggunakan darah sendiri yang sudah dirawat untuk mengkonsentrasikan trombosit dalam plasma, sehingga membuatnya lima hingga sepuluh kali lebih kuat daripada yang biasanya ditemukan dalam darah tubuh. Perawatan ini juga mengandung sitokin yang mengaktifkan penyembuhan jaringan lunak.

Dalam prosedur PRP treatment, darah pasien diambil dari vena di lengan. Darah kemudian disaring untuk memisahkan plasma darah dari sel darah merah dan putih. Plasma darah kaya trombosit kemudian disuntikkan ke area yang dirawat.

Baca juga : 7 Acne Patch Terbaik Tahun 2023 Yang Wajib Kamu Miliki

Manfaat PRP Treatment

PRP treatment memiliki berbagai macam manfaat. Dari segi kesehatan, PRP dapat meningkatkan penyembuhan luka. Treatment ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dengan meningkatkan produksi kolagen dan pembuluh darah baru.

Selain itu, treatment ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel dan pembuluh darah baru, yang dapat bermanfaat untuk kondisi seperti cedera jaringan, osteoarthritis, dan radang sendi.

Tak hanya itu saja, PRP dapat membantu mengurangi peradangan dengan meningkatkan produksi faktor pertumbuhan yang memiliki efek anti-inflamasi.

Selain untuk kesehatan, PRP juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Salah satunya dapat mengurangi keriput dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin.

Selain pada kulit wajah dan kesehatan, PRP juga bermanfaat untuk mengatasi kerontokan rambut. Berdasarkan enam penelitian menggunakan PRP untuk mengobati jenis kerontokan rambut yang disebut androgenik alopecia (pola kebotakan pada pria atau wanita), ditemukan hasil yang baik dalam hal pertumbuhan kembali rambut.

Indikasi PRP Treatment

PRP dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk cedera jaringan, seperti cedera otot, ligamen, dan tendon. Treatment ini dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan pertumbuhan sel dan pembuluh darah baru, yang dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak.

Selain itu, treatment ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan cedera tulang, seperti patah tulang. PRP treatment dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang baru dan mengurangi peradangan.

Terakhir, PRP dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi sendi pada pasien osteoarthritis. Serta dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang rawan dan mengurangi peradangan.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami, Cepat dan Ampuh!

Prosedur PRP Treatment

PRP treatment adalah prosedur yang relatif sederhana dan aman. Prosedur ini biasanya dilakukan di klinik atau kantor dokter. Prosedur dari awal sampai akhir hanya berlangsung sekitar 30 menit. Namun, setelah prosedur, kamu mungkin akan diminta menunggu sekitar 10-15 menit untuk memastikan tidak ada efek samping yang terjadi.

Efek Samping PRP Treatment

Efek samping PRP biasanya ringan dan sementara, termasuk rasa sakit, memar, pembengkakan dan ruam di sekitar wajah.

Namun, jangan khawatir treatment ini adalah prosedur medis yang efektif untuk mengobati berbagai kondisi. Prosedur ini relatif aman dan memiliki efek samping yang minimal.

Nah, Itu semua penjelasan mengenai prosedur kecantikan PRP. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter bila kalian tertarik. 

Penulis: Audrylea Reika