Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Putih

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Noda luntur di baju putih biasa terjadi, terutama saat mencuci pakaian berwarna. Noda ini dapat muncul ketika pewarna dari suatu pakaian atau kain menyebar dan menempel pada pakaian lainnya selama proses pencucian. Pasti kamu sedih bukan jika baju favoritmu kelunturan? Apalagi baju putih yang terkena noda luntur pasti sangat terlihat dan membuat penampilan baju terlihat buruk.

Kalau sudah begini, apa ya yang harus dilakukan? Nah, oleh karena itu yuk kita simak beberapa tips cara ampuh menghilangkan noda luntur pada baju putih yang efektif dan bisa kamu coba berikut ini!

Baca juga : Tips Cara Mudah Menghilangkan Slime di Baju

Cara Menghilangkan Noda Luntur di Baju

1. Cairan Jeruk Nipis

Source: Pinterest

Apakah kamu suka mengonsumsi jeruk nipis? Selain kaya akan vitamin C yang baik bagi tubuh, jeruk nipis juga bisa lho menjadi bahan penghilang noda luntur pada baju. Jeruk nipis dengan kandungan asamnya dapat membantu mengurangi noda luntur pada pakaian putih. Pertama-tama, basahi noda luntur dengan air. Oleskan air perasan jeruk nipis secara merata pada noda luntur.

Biarkan jeruk nipis bekerja selama beberapa menit. Setelah itu, gosok perlahan dengan sikat lembut. Lalu, cucilah baju seperti biasa menggunakan deterjen seperti biasa ya!

2. Larutan Aseton

Source: Aseton

Aseton yang biasa digunakan sebagai remover nail art, bisa kamu gunakan juga sebagai penghilang noda luntur pada kain. Tuangkan larutan aseton pada noda luntur dan diamkan selama 30 menit. Lalu, kucek perlahan, kemudian cuci dengan detergen seperti biasa. Maka noda akan menghilang dan baju kembali bersih.

3. Baking Soda

Source: Pinterest

Bajumu kelunturan? Jangan khawatir! Kamu bisa menghilangkannya dengan mudah menggunakan baking soda. Rendamlah baju yang terkena noda ke dalam larutan baking soda. Tunggu selama 20 menit hingga noda mulai berkurang. Setelah itu, cucilah baju tersebut dengan detergen hingga bersih. Lakukan metode ini berulang-ulang hingga bajumu benar-benar kembali putih dan bersih.

Baca juga : Cara Menghilangkan Oli di Baju, Ampuh dan Aman!

4. Pemutih tanpa Klorin

Source: Pinterest

Cara yang paling umum dilakukan ketika mengetahui baju putih kelunturan yaitu dengan menggunakan pemutih tanpa klorin. Kamu hanya perlu merendam baju yang terkena noda dengan larutan pemutih selama 1-2 jam. Namun sebelumnya pastikan dulu pada label bajumu ada simbol pemutih atau tidak. Setelah itu, lanjutkan dengan mencucinya seperti biasa menggunakan detergen hingga bersih.

5. Garam

Source: Pinterest

Cara efektif terakhir yang bisa kamu coba untuk menghilangkan noda adalah dengan mengandalkan garam dapur. Jika biasanya garam digunakan sebagai bumbu masak, kini kamu bisa menjadikannya sebagai pembersih ampuh untuk noda pada baju. Karena garam memiliki sifat abrasif yang mampu meluruhkan noda. Sebelumnya, basahi baju yang terkena noda, lalu taburkan garam pada noda dan diamkan 10-15 menit. Kucek baju perlahan pada area yang terkena noda. Lalu, bilas dengan air bersih.

Baca juga : Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju, Mudah dan Ampuh

Bagaimana cukup mudah bukan tips diatas? Itulah beberapa cara menghilangkan noda luntur pada baju putih dengan cepat dan efektif. Semoga tips diatas bermanfaat bagi kamu ya!

Mau cari pakaian berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama