Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki

Masa-masa menuju kelahiran, tak hanya fisik dan mental yang perlu orang tua persiapkan. Berbagai perlengkapan bayi baru lahir juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Alih-alih memborong berbagai produk bayi karena takut dibutuhkan. Sebenarnya, kamu hanya perlu membeli beberapa perlengkapan saja lho. Dengan mengetahui perlengkapan bayi yang esensial tentu kamu akan jauh lebih hemat. 

Kira-kira apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dibeli? Berikut ini kami akan ulas lengkap khusus untuk kamu.

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Wajib Dibeli 

Popok

Popok adalah perlengkapan bayi yang paling penting. Bayi baru lahir akan buang air kecil dan buang air besar dengan sangat sering hingga lebih dari 10 kali dalam sehari. Sehingga popok harus sering diganti untuk menjaga kulit bayi tetap kering. 

Pilihlah popok yang berbahan lembut dan nyaman untuk kulit bayi. Kamu bisa memilih popok sekali pakai yang praktis dan langsung bisa dibuang. Namun, kalau kamu ingin popok kain juga sah-sah saja. Mengingat popok kain ini bisa digunakan berulang kali dan juga mampu menyerap cairan. 

Topi, Kaus Kaki dan Sarung Tangan

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang lebih rentan dan sensitif terhadap dingin. Sebab, bayi baru lahir memiliki suhu tubuh yang lebih rendah dari orang dewasa, sehingga mereka lebih rentan terhadap hipotermia. Untuk itu, penting menjaga bayi tetap hangat dengan menggunakan ketiga produk ini. Topi berfungsi untuk menjaga kepala tetap hangat, kaos kaki menjaga bagian kaki hangat, dan sarung tangan bayi berguna untuk menjaga telapak tangan tetap hangat. 

Baju dan Celana Bayi

Pakaian basic seperti atasan berupa baju dan celana saja sebenarnya sudah cukup. Tak perlu membeli outfit yang terlalu banyak seperti dress, rompi, atau sweater dengan motif atau desain yang berbeda-beda. Sebab baju basic seperti itu hanya akan dipakai sesekali saja. Lebih baik, sediakan atasan baju, celana dan jumper dengan masing-masing 3 sampai 4 setel.

Bedong

Bedong berfungsi untuk membuat bayi merasa nyaman dan aman. Bayi baru lahir masih belum bisa mengontrol otot-ototnya, sehingga mereka sering kali merasa gelisah dan rewel. Bedong dapat membantu bayi untuk merasa lebih tenang dan terlindungi. Pilihlah bedong dengan bahan yang lembut dan tipis agar tak membuat si kecil merasa gerah di cuaca yang panas. 

Perlengkapan mandi

Kebutuhan akan bak mandi bayi, handuk bayi, sampo bayi, dan sabun bayi cukup penting di awal kelahiran. Sebab bayi tidak boleh menggunakan produk perlengkapan mandi oleh orang dewasa. Mengingat kondisi kulit yang masih rentan terhadap bahan-bahan kimia. Pilihlah perlengkapan mandi yang khusus diformulasikan untuk bayi yang terbuat dari bahan aman dan bebas pewarna.

Botol susu

Meskipun kamu menyediakan ASI untuk si buah hati. Kamu masih membutuhkan botol susu lho. Entah itu digunakan untuk memberikan susu formula kepada bayi atau untuk memberikan ASI. Sebaiknya, pilihlah botol susu yang berbahan lembut dan tidak mengandung BPA

Dot

Bila bayi tidak mau menyusui langsung atau sukar menyusu. Sebaiknya kamu berjaga-jaga untuk menggunakan dot. Dot ini juga nantinya harus berselang-seling dipakai di botol susu. Pilihlah dot yang berbahan lembut dan sesuai dengan ukuran mulut bayi agar bayi nyaman saat menyedotnya.

Gunting Kuku dan Ear Bud

Jari kuku dan kebersihan lubang telinga bayi juga harus dijaga ya. Guna menghindari bayi mencakar wajah dan telinga yang kotor. Beli gunting kuku khusus bayi yang didesain lebih kecil.

Tas Bayi atau Diaper Bag

Berbeda dengan tas biasa, tas bayi seperti ini cocok digunakan saat berpergian karena memiliki kantong penyimpanan dengan jumlah yang banyak. 

Stroller

Kalau kamu sering bepergian, penting rasanya untuk memiliki stroller yang digunakan untuk mendorong bayi saat berjalan-jalan. Biasanya stroller ada berbagai jenis, bisa stroller dorong maupun stroller lipat yang mudah disimpan.

Vitamin dan Obat-Obatan

Menyediakan kebutuhan perlengkapan kesehatan seperti termometer, obat-obatan dan vitamin anak sedari dini juga harus kamu lakukan. Hal ini untuk mencegah bayi sakit sekaligus kamu memiliki stok obat-obatan yang dibutuhkan dikala urgent.\

Deterjen

Sabun pencuci pakaian juga perlu diperhatikan, pilih deterjen khusus bayi yang memiliki formulasi lembut. Deterjen seperti ini memiliki butiran halus dan tak mengandung bahan-bahan kimia yang menyebabkan ruam pada kulit.

Tempat Tidur Bayi

Beberapa ahli merekomendasikan untuk bayi dipisah selama 6 bulan pertama. Gunanya untuk menjaga keamaan bayi itu sendiri. Sebaiknya sediakanlah ranjang khusus bayi dengan pagar sisi pengaman di pinggirnya. Selain itu, sediakan juga sprei 4-5 pasang ya.

Itulah dia berbagai perlengkapan bayi baru lahir yang bisa kamu coba persiapkan mulai dari sekarang. Semoga artikel diatas membantu kamu ya!

Mau beli berbagai produk bayi dengan harga murah dan pilihan lengkap? Coba cek Zalora sekarang juga dan dapatkan penawaran diskon khusus untuk kamu.

Penulis : Alfianita Karismawati