Tata Cara Sholat Hajat dan Bacaannya Lengkap

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Setiap manusia tentunya memiliki hajat atau keinginan yang ingin mereka miliki atau dapatkan. Kemana lagi kita meminta kalau bukan kepada Sang Pencipta Allah SWT. Memohon sesuatu kepada Allah, salah satunya bisa melalui ibadah shalat hajat.

Shalat hajat merupakan bentuk ibadah sunnah yang dilakukan dengan tujuan untuk memohon pertolongan, bimbingan, atau kebutuhan yang penting dalam hidup. Tahukah kamu bagaimana cara melaksanakan shalat hajat?

Yuk, simak tata cara sholat hajat dan bacaannya berikut ini!

Baca juga : Daftar Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Beserta Arti

Waktu Pelaksanaan Shalat Hajat

Shalat hajat dapat dikerjakan pada waktu siang atau malam di luar waktu yang diharamkan untuk sholat sunnah. Waktu yang terbaik untuk mengerjakan sholat hajat adalah sepertiga malam terakhir, sesuai dengan hadits yang berbunyi:

“Malam manakah yang paling didengar (dikabulkan oleh Allah SWT)? Rasulullah SAW bersabda, ‘Pada tengah malam’.” (HR Ahmad dan Ibnu Hibban)

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: “Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku-kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Ku-berikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Ku-ampuni.” (HR Bukhari dan Muslim)

Tata Cara Sholat Hajat, Niat dan Bacaannya

1. Membaca niat sholat hajat

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillahi ta’ala

Artinya : “Aku berniat sholat hajat sunnah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala”

  1. Takbiratul ihram
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca surah Al Fatihah
  4. Membaca salah satu surah Al-Qur’an
  5. Rukuk
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Bangkit dan lakukan gerakan rakaat kedua seperti rakaat pertama
  11. Duduk tasyahud akhir
  12. Salam

Doa Setelah Shalat Hajat

1. Doa 

سُبْحَانَ الَّذِي لَبِسَ العِزَّ وَقَالَ بِهِ، سُبْحَانَ الَّذِي تَعَطَّفَ بِالمَجْدِ وَتَكَرَّمَ بِهِ، سُبْحَانَ ذِي العِزِّ وَالكَرَمِ، سُبْحَانَ ذِي الطَوْلِ أَسْأَلُكَ بِمَعَاقِدِ العِزِّ مِنْ عَرْشِكَ وَمُنْتَهَى الرَّحْمَةِ مِنْ كِتَابِكَ وَبِاسْمِكَ الأَعْظَمِ وَجَدِّكَ الأَعْلَى وَكَلِمَاتِكَ التَّامَّاتِ العَامَّاتِ الَّتِي لَا يُجَاوِزُهُنَّ بِرٌّ وَلَا فَاجِرٌ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Subḫânal-ladzî labisal-‘izza wa qâla bihi. Subḫânal-ladzî ta‘aththafa bil-majdi wa takarrama bihi. Subḫâna dzil-‘izzi wal-kirami, subḫâna dzith-thauli as’aluka bimu‘âqidil-‘izzi min ‘arsyika wa muntahar-raḫmati min kitâbika wa bismikal-a‘dhami wa jaddikal-a‘la wa kalimâtikat-tâmmâtil-‘âmmâtil-latî lâ yujâwizuhunna birrun wa lâ fâjirun an tushalliya ‘ala sayyidinâ Muḫammadin wa ‘ala âli sayyidinâ Muḫammadin.

Artinya : “Maha Suci Zat yang mengenakan keagungan dan berkata dengannya. Maha Suci Zat yang menaruh iba dan menjadi mulia karenanya. Maha Suci Zat pemilik keagungan dan kemuliaan. Maha Suci Zat pemilik karunia. Aku memohon kepada-Mu agar bershalawat untuk Sayyidina Muhammad dan keluarganya dengan garis-garis luar mulia Arasy-Mu, puncak rahmat kitab-Mu, dan dengan nama-Mu yang sangat agung, kemuliaan-Mu yang tinggi, kalimat-kalimat-Mu yang sempurna dan umum yang tidak dapat dilampaui oleh hamba yang taat dan durjana,”

2. Doa Rasulullah SAW Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الحَلِيمُ الكَرِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَلِيُّ العَظِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْمِ والحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Lâ ilaha illallâhul-ḫalîmul-karîmu, lâ ilaha illallâhul-‘aliyyul-adhîmu subḫânallâhi rabbil-‘arsyil-‘adhîmi wal-ḫamdulillâhi rabbil-‘alamîna.

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang santun dan pemurah. Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Tinggi dan Agung. Maha Suci Allah, Tuhan Arasy yang megah. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,”

3. Doa Rasulullah SAW Riwayat Imam At-Tirmidzi 

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالسَلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لَا تَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضىً إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allâḫumma innî as’aluka mûjibâti raḫmatika, wa ‘azâ’ima maghfiratika, wal-ghanîmata min kulli birrin, was-salâmata min kulli itsmin lâ tada‘ lî dzanban illâ ghafartahu, wa lâ hamman illâ farrajtahu, wa lâ ḫâjatan hiya laka ridlan illâ qadlaitahâ yâ arḫamar-râḫimîna.

Artinya : “Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Lembut dan Maha Mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih”.

Baca juga : 5 Rekomendasi Sajadah Tebal untuk Kenyamanan Shalat

Rekomendasi Sajadah Cantik dan Menarik

1. Sajadah Syaheera

Source: Zalora

Sajadah ini menggunakan bahan sajadah canvas dengan desain exclusive dari Syaheera! Alas sajadah menggunakan bahan PVC leather dengan anti slip berkualitas terbaik. Sajadah dengan design terbaru, harga murah, dan kualitas terbaik.

Nah, produk ini juga bisa jadi hadiah cantik untuk kerabat terdekat dan sahabat tersayang. Dengan desain sentuhan modern yang menggugah hati dalam setiap sujud.

2. Sajadah Tazbiya Motif Jameela

Source: Zalora

Sajadah Tazbiya merupakan alas untuk shalat eksklusif dari Mukena Tazbiya. Didesain khusus untuk menemani ZALORAns beraktivitas di luar atau saat traveling. Ringan dan ringkas untuk dibawa kemanapun! Hadir dengan motif print signature Tazbiya. Dilengkapi pouch sajadah yang ringkas.

Bisa juga tidak menggunakan pouch dan disatukan dengan tas mukena yang kamu punya. Mukena ini didesain dengan tampilan shiny yang terlihat mewah.

Baca juga : Rekomendasi Mukena Silk, Mewah dan Anggun

Itulah tata cara sholat hajat dan bacaannya serta beberapa pilihan sajadah cantik untuk menemani ibadahmu. Perlengkapan shalat yang nyaman bisa memberikan rasa khusyuk saat beribadah dan semuanya bisa ZALORAns temukan hanya di ZALORA!

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama