Teknik Dasar Softball, Olahraga Beregu yang Seru

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Softball merupakan salah satu jenis olahraga beregu yang menarik untuk dimainkan. Meskipun di Indonesia olahraga ini cukup jarang dimainkan, namun olahraga ini populer di luar negeri. Permainan ini membutuhkan ketangkasan dan kecepatan pemainnya.

Apakah ZALORAns pernah memainkannya sebelumnya? Kalau belum, pelajari terlebih dahulu teknik dasar softball berikut ini! Yuk, simak ada teknik apa aja sih?

Baca juga : Kenalan Lebih Dekat dengan pemain Bola Terbaik Dunia

Teknik Dasar Softball

1. Catching (Menangkap)

Menangkap bola dengan benar akan menghindarkan dirimu dari cidera atau terluka. Sehingga, berikutnya ZALORAns bisa melempar bola dengan tepat. Cara menangkap yang benar akan membuat pemain dapat melempar ke pemain baserunner yang mencoba maju ke base berikutnya. 

2. Throwing (Melempar)

Selain menangkap, terdapat teknik melempar yang merupakan keterampilan yang digunakan untuk bertahan. Dengan teknik lemparan yang tepat dan cepat, dapat membuat lawan sulit maju dan membuat skor. Kamu harus melempar tepat sasaran.

3. Fielding

Fielding tim yang baik membuat lawan sulit mencetak gol. Kamu harus mengetahui cara melempar bola yang dipukul di tanah atau di udara. ZALORAns harus tahu ke arah mana dalam melempar bola.

4. Hitting (Memukul)

Berikutnya teknik yang harus kamu pelajari adalah memukul. Kamu harus berlatih memukul secara rutin untuk menguasai teknik yang satu ini. Memukul bola kecil dengan pemukul ke arah tertentu dengan cepat adalah teknik dasar softball yang penting untuk dipelajari. Kamu harus fokus ke arah gerak bola agar pukulan tepat sasaran.

5. Base Running

Teknik ini dilakukan ketika setelah pemain memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher. Dimana, pemain harus berlari dengan cepat atau menuju base atau antar base. Condongkan badan ke depan dengan paha sedikit diangkat tinggi untuk menghasilkan lari yang cepat. 

6. Sliding (Meluncur)

Sliding adalah teknik dasar yang dilakukan oleh pelari saat melakukan stealing. Sliding biasanya dilakukan dengan jarak 2-3 meter dari base di depannya. Ada beberapa jenis teknik sliding yang perlu kamu ketahui dalam permainan softball. Ada sliding lurus (le straight leg slide), meluncur mengait (hook slide), dan meluncur kepala lebih dulu (first head slide).

7. Bunting

Meletakkan tangan ke atas pemukul dan mengetuk bola. Biasanya di bawah salah satu base lines. Teknik ini dilakukan untuk pelari cepat agar mendapatkan pukulan dasar dan juga untuk pelari dasar tingkat lanjut.

Baca juga : Teknik Menendang Bola dengan Benar, Pasti Gol!

Rekomendasi Sepatu Olahraga Softball Terbaik

1. Downshifter 13 Shoes by Nike

Source: Zalora

Downshifter 13 siap membantumu untuk mendapatkan pengalaman berlari yang nyaman dan menyenangkan! Dengan bantalan dengan daya tahan yang baru dan lembut, membantumu menemukan perlengkapan ekstra. Go Grind sol luar karet hijau yang tahan lama dibuat dengan 13% Nike Grind.

Sepatu ini memiliki cakupan penuh dari ujung kaki hingga tumit dengan lugs untuk daya tahan dan traksi. Tab penarik lidah menawarkan akses mudah ke dalam sepatu. Dengan tampilan bernuansa monokrom, memberikan look yang netral dan cocok dipadupadankan dengan berbagai outfit.

2. Tech Hera by Nike

Source: Zalora

Nike Tech Hera Tech Hera hadir untuk memenuhi semua keinginan sepatu chunky mu! Midsole yang bergelombang dan aksen suede menyempurnakan penampilanmu sekaligus membuatmu tetap nyaman. Desainnya yang tahan lama sangat cocok untuk dipakai sehari-hari.

Aksen tekstil dan suede menambah dimensi dan daya tahan. Desain tebal memiliki platform halus untuk memberimu efek tinggi yang cukup. Sepatu ini sangat sempurna, karena kamu pasti ingin memakainya setiap hari! 

Baca juga : Berapa Jumlah Pemain dalam Bola Basket?

Itulah teknik dasar permainan softball yang perlu kamu tahu dan beberapa rekomendasi sepatu lari ternyaman yang bisa kamu pilih. Dengan sepatu yang mendukung, maka olahraga menjadi lebih menyenangkan!

Mau cari berbagai koleksi sepatu olahraga yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama