5 Bahaya Kandungan Skincare Merkuri, Wajib Tahu!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Merkuri adalah logam berat yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Merkuri dapat ditemukan di berbagai produk, termasuk produk skincare. Produk skincare yang mengandung merkuri biasanya diklaim dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan jerawat dengan cepat. Namun, penggunaan produk skincare yang mengandung merkuri dapat menimbulkan berbagai bahaya bagi kesehatan, termasuk

Baca juga: Review BASE Skincare, Brand Kecantikan Vegan dari Lokal

Gangguan saraf

Merkuri dapat merusak sistem saraf, yang dapat menyebabkan berbagai gejala. Paparan merkuri dapat menyebabkan berbagai gangguan saraf, mulai dari gangguan ringan hingga berat, seperti tremor, kesulitan berbicara, dan gangguan penglihatan. 

Gangguan ginjal

Merkuri adalah logam berat yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, termasuk ginjal seperti Gagal ginjal. Paparan merkuri dalam jangka panjang dapat menyebabkan gagal ginjal, yaitu kondisi di mana ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik dan Penurunan produksi urin. Paparan merkuri dapat menyebabkan penurunan produksi urine, sehingga menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi.

Gangguan pencernaan

Merkuri dapat merusak sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti diare, sakit perut, muntah, kehilangan nafsu makan dan ulkus lambung.

Gangguan reproduksi

Merkuri dapat mengganggu fungsi reproduksi yang dapat menyebabkan kemandulan, yaitu kondisi di mana seseorang tidak dapat memiliki anak. Yang lebih parah lagi, Paparan merkuri selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi, seperti cacat otak, cacat jantung, dan cacat fisik lainnya.

Gangguan perkembangan anak juga terpengaruh karena paparan merkuri pada anak-anak dapat menyebabkan gangguan perkembangan, seperti keterbelakangan mental dan gangguan belajar.

Baca juga : Skincare untuk Menghilangkan Jerawat Batu

Gangguan perkembangan otak

Merkuri adalah logam berat yang bersifat neurotoksik, artinya dapat merusak sistem saraf. Merkuri dapat masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara, termasuk melalui kulit. Ketika merkuri masuk ke dalam tubuh, merkuri dapat menyebar ke seluruh organ tubuh, termasuk otak.

Merkuri juga dapat mengganggu perkembangan otak pada anak-anak, yang dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti keterbelakangan mental dan gangguan belajar. 

Tekstur kosmetik yang berbahaya dan mengandung merkuri umumnya memiliki tekstur yang kasar, lengket dan tidak lembut. Biasanya juga sulit untuk menyatu dengan kulit wajah saat digunakan. Kosmetik yang mengandung merkuri juga biasanya memiliki bau logam yang menyengat, seperti bau belerang.

Untuk mengetahui apakah produk skincare mengandung merkuri, kamu dapat memeriksa label produk. Jika produk tersebut mengandung merkuri, biasanya akan tertera pada label produk.

Nah, jika kamu tak tahu bagaimana ciri-ciri produk skincare bermerkuri. Sebaiknya perhatikan beberapa hal seperti membeli produk skincare dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Kamu juga harus cermat dalam membaca label produk. Jika kamu tidak yakin apakah produk tersebut mengandung merkuri, tanyakan kepada dokter atau apoteker. 

Baca juga : Brand Skincare Korea Terampuh, Bikin Kulit Glowing!

Nah, itu semua tips-tips agar kamu tidak salah pilih bahan skincare. Kamu sekarang dapat terhindar dari bahaya kandungan merkuri dalam produk skincare. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. 

Dapatkan skincare dari berbagai macam brand hanya di ZALORA. Jangan lewatkan promo yang menantimu!

Penulis: Audrylea Reika