Mitos atau Fakta : Apakah Sunscreen Bisa Memutihkan Wajah?

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu

Pentingnya sunscreen dalam perlindungan kulit dari sinar matahari sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, seringkali muncul mitos bahwa sunscreen juga berfungsi untuk memutihkan kulit.

Apakah mitos ini benar? Mari kita telusuri fakta-faktanya ZALORAns

Baca juga : Apakah Sunscreen Bisa Dipakai Malam Hari?

Apa Itu Sunscreen?

Sunscreen, atau tabir surya, adalah produk skincare yang ditujukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunscreen bekerja dengan memantulkan atau menyerap sinar ultraviolet (UV) oleh partikel-partikel aktifnya.

Baik itu mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide, atau senyawa organik seperti avobenzone dan oxybenzone.

Mitos: Sunscreen Memutihkan Kulit

Apakah sunscreen bisa memutihkan wajah? Ternyata hal ini merupakan mitos bahwa sunscreen dapat memutihkan kulit seringkali muncul dalam berbagai promosi produk skincare. Antara lain dikarenakan banyak produk sunscreen yang memadukan kandungan pelindung UV dengan bahan-bahan aktif lainnya yang diklaim memiliki efek memutihkan.

Namun, pada kenyataannya, peran utama sunscreen adalah melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak kulit.

Fakta bahwa sunscreen bisa mencegah kulit menggelap seringkali disalahartikan sebagai kemampuan memutihkan. Sunscreen membantu mencegah penggelapan kulit akibat pengaruh sinar matahari, tapi itu bukan berarti sunscreen bisa mencerahkan atau memutihkan kulit ZALORAns.

Jadi, jika kamu mengharapkan kulit ZALORAns menjadi lebih putih dengan menggunakan sunscreen, kemungkinan besar kamu akan merasa kecewa.

Fakta: Sunscreen Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, termasuk penuaan dini, kerusakan sel kulit, hingga kanker kulit. Sinar UVB dapat membakar kulit dan merusak DNA sel kulit, sedangkan sinar UVA bisa menembus lapisan kulit lebih dalam dan merusak kolagen, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kendur dan berkerut.

Dengan menggunakan sunscreen secara rutin, ZALORAns melindungi kulit dari risiko kerusakan tersebut. Inilah yang kemudian memberi efek kulit tampak lebih sehat, cerah, dan awet muda, bukan karena sunscreen ‘memutihkan’ kulit ZALORAns.

Baca juga : 4 Rekomendasi Tinted Sunscreen Terbaik, Bikin Kulit Flawless

Mengapa Kulit Bisa Tampak Lebih Cerah?

Jika kamu merasa kulit ZALORAns tampak lebih cerah setelah menggunakan sunscreen, itu mungkin karena kulit ZALORAns lebih terhidrasi dan terlindung. Pada beberapa produk, sunscreen juga mungkin mengandung bahan aktif yang bisa membantu mencerahkan kulit seperti niacinimade atau vitamin c. Akan tetapi itu bukan berarti sunscreen memutihkan kulit.

Selain itu, beberapa sunscreen juga memiliki formula yang memberikan efek blurring atau brightening seketika yang bisa membuat kulit tampak lebih cerah, meskipun efek ini hanya sementara.

Beberapa produk sunscreen berbahan aktif dapat membantu meminimalkan noda atau bintik hitam dan mengurangi hiperpigmentasi, seperti bahan-bahan seperti niacinamide atau vitamin C. Namun, perlu diingat bahwa peran utama sunscreen adalah perlindungan dari sinar matahari, bukan sebagai produk pencerah kulit.

Baca juga : 4 Rekomendasi Sunscreen Spray Dari Brand Lokal

Kesimpulannya, klaim bahwa sunscreen bisa memutihkan wajah lebih banyak termasuk mitos. Fungsi utama sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Mereka bisa membantu mencegah kulit menjadi gelap akibat paparan sinar matahari, namun mereka tidak memiliki kandungan yang secara aktif memutihkan kulit.

Meski begitu, sunscreen memang sebaiknya dijadikan bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari kamu, tidak peduli warna kulit ZALORAns. Penggunaan sunscreen yang rutin dan tepat akan membantu melindungi kulit ZALORAns dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari dan menjaga agar kulit tetap sehat dan awet muda.

Semoga artikel di atas bisa menjawab pertanyaan ZALORAns tentang apakah sunscreen bisa memutihkan wajah atau tidak ya.

Dapatkan berbagai produk fashion dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Jangan lewatkan potongan harga yang sudah menantimu!

Penulis: Audrylea Reika