Niat Puasa Sunnah Senin Kamis, Bacaan Doa dan Keutamaan

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu!ย 

Siapa yang punya kebiasaan puasa sunnah Senin Kamis? Kalau iya, semoga kebiasaan baikmu bisa tetap istiqomah ya! Ataukah ZALORAns baru memulai mencoba berpuasa Senin Kamis? Nggak masalah! Itu satu langkah yang baik.

Selanjutnya, sebelum mulai berpuasa, ZALORAns harus tahu dulu bacaan doa niat dan doa berbuka puasa Senin Kamis. Langsung aja yuk simak doa niat puasa dan berbuka puasa senin kamis untuk persiapan mu melaksanakan ibadah sunnah puasa!

Selain itu, pelajari juga yuk keutamaan puasa sunnah Senin Kamis berikut ini agar ZALORAns semakin paham manfaatnya!

Baca juga : Tata Cara dan Niat Sholat Idul Fitri Lengkap Beserta Arti

Bacaan Doa Niat Puasa Senin Kamis

Untuk niat puasa Senin, berikut adalah bacaan niatnya:

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ู‡ูฐุฐูŽุง ุงู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽุงุกู ุณูู†ูŽู‘ุฉู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ูุงุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œNawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati yaumil itsnaini lillahi ta’alaโ€

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari Senin ini karena Allah ta’ala.”

Sedangkan, niat puasa Kamis berikut bacaannya:

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ู‡ูฐุฐูŽุง ุงู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽุงุกู ุณูู†ูŽู‘ุฉู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุฎูŽู…ููŠู’ุณู ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œNawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati yaumil khamisi lillahi ta’alaโ€

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari Kamis ini karena Allah ta’ala.”

Bacaan Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Untuk doa berbuka puasa Senin Kamis sama dengan doa berbuka puasa biasanya. Berikut doa berbuka puasa Senin Kamis.

 ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ู„ูŽูƒูŽ ุตูู…ู’ุชู ูˆูŽุจููƒูŽ ุขู…ูŽู†ู’ุชู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุฒู’ู‚ููƒูŽ ุฃูŽูู’ุทูŽุฑู’ุชู ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ูŠูŽุง ุงูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุญูู…ููŠู’ู†ูŽ

โ€œAllahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiinโ€

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Baca juga : Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Keutamaan Puasa Senin Kamis

1. Menghapuskan Dosa

Rasulullah Muhammad SAW sendiri seringkali berpuasa pada hari Senin dan Kamis sebagai amalan sunnah. Dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Perbuatan yang paling utama adalah berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” Puasa pada hari-hari tersebut juga menjadi salah satu cara untuk meniru perbuatan Nabi Muhammad dan memperbanyak amalan sunnah.

Selain menghapuskan dosa, puasa pada hari Senin dan Kamis juga dikaitkan dengan berbagai keutamaan lainnya. Seperti mendatangkan rahmat dan maghfirah (ampunan) dari Allah SWT.ย 

2. Hari Kelahiran dan Wafat Nabi Muhammad SAW

Hari senin merupakan hari istimewa karena merupakan hari lahir dan meninggalnya Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad lahir pada Senin, 9 Rabiul Awal dan meninggal pada Senin, 12 Rabiul Awal.

Selain itu, hari Senin juga merupakan hari dimana Nabi Muhammad menerima wahyu.

3. Hari Dibukanya Pintu Surga

Salah satu keutamaan puasa pada hari Senin dan Kamis adalah bahwa pada hari-hari tersebut pintu surga dibukakan. Serta pintu-pintu kebaikan dan ampunan diturunkan kepada hamba-hamba Allah yang berpuasa. 

โ€œSesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan.” (HR Muslim)

Untuk menyediakan menu sahur maupun berbuka puasa tentunya kamu akan membuat masakan terbaikmu bukan? Pastinya ZALORAns membutuhkan alat masak untuk membuatnya. Eits, ZALORA punya lho rekomendasi alat masak terbaik untukmu!

Yuk, intip beberapa produknya berikut ini!

Baca juga : Inilah Bacaan Niat dan Berbuka Puasa Arafahย 

Rekomendasi Alat Masak Untuk Sahur dan Berbuka Puasa

1. Oxone OX2004 Presto Panci Alumunium Pressure Cooker

Source: Zalora

Dengan teknologi terkini, Oxone berhasil menjadikan produknya tahan lama dan teruji secara kualitasnya di pasaran. Panci ini dibuat dengan material aluminium yang bermutu tinggi. Mudah digunakan dan fleksibel untuk memenuhi segala keinginanmu!

ZALORAns bisa merebus beragam masakan favoritmu tanpa kesulitan untuk mendapatkan tingkat kematangan yang pas. Produk ini adalah jawabannya! Selain itu, panci ini juga dirancang lebih kuat dan tak mudah rusak.

Sehingga, ZALORAns dapat menggunakannya dalam waktu yang lama.

2. Wakakids Frypan Teflon Anti Lengketย 

Source: Zalora

Frying teflon masak ini begitu ringan dan dilengkapi dengan anti lengket yang mudah dibersihkan. Tampilan luarnya pun cantik dengan warna yang menarik. Teflon ini punya pegangan yang aman, nyaman, dan tahan lama. Pada bagian bawahnya komposit multi-lapisan, sehingga lebih cepat panas.

Tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, ada 20 cm, 22 cm, 24 cm, dan 26 cm.ย  ZALORAns bisa menggoreng berbagai masakan dengan mudah menggunakannya.ย 

Baca juga : Bacaan Doa Niat Puasa Rajab dan Keutamaannya

Itulah niat, doa berbuka puasa, dan keutamaan puasa Senin Kamis yang bisa ZALORAns terapkan. Melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis akan mendapat berbagai kebaikan dari Allah SWT!

Mau cari berbagai kebutuhan alat dapur dan alat makan dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama