Tata Cara dan Niat Sholat Idul Fitri Lengkap Beserta Arti

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Setelah berpuasa satu bulan lamanya di bulan Ramadhan, umat Muslim melaksanakan shalat Idul Fitri pada tanggal 1 Syawal. Shalat Id bisa dilaksanakan secara berjamaah maupun munfarid. Shalat Idul Fitri menandai akhir bulan Ramadhan, bulan suci bagi umat Muslim di mana mereka menjalankan ibadah puasa.

Berikut adalah bacaan niat dan tata cara shalat Idul Fitri yang harus kamu tahu!

Baca juga : Tata Cara Sholat Hajat dan Bacaannya Lengkap

Hukum Shalat Idul Fitri

Hukum shalat Idul Fitri adalah sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. Dimana, Rasulullah tidak meninggalkannya sejak tahun kedua Hijriah hingga beliau wafat. Lalu, bagaimana cara melaksanakan shalat yarat dan rukun shalat Id tidak berbeda dari shalat fardhu lima waktu, termasuk soal hal-hal yang membatalkan. Tapi, ada beberapa aktivitas teknis yang agak berbeda dari shalat pada umumnya. Aktivitas teknis tersebut berstatus sunnah.

Maka ketika memasuki Hari Raya Idul Fitri, seluruh umat Islam yang tidak ada uzur dianjurkan untuk keluar rumah. Anjuran ini juga berlaku bagi perempuan haid yang dianjurkan turut mengambil keberkahan momen tersebut dan merayakan kebaikan bersama kaum muslim lain, meski dilarang untuk sholat.

Bacaan Niat Shalat Idul Fitri 

1. Niat Shalat Idul Fitri untuk Imam

Berikut ini bacaan niat sholat Idul Fitri yang dibaca imam:

ุงูุตูŽู„ูู‘ู‰ ุณูู†ูŽู‘ุฉู‹ ู„ูุนููŠู’ุฏู ุงู„ููุทู’ุฑู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูุณู’ุชูŽู‚ู’ุจูู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉู ุฃูŽุฏูŽุงุกู‹ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง ู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œUshalli sunnatan li Idil Fitri rak’atayni mustaqbilal qiblati adฤ’an imฤman lillฤhi ta’alaโ€

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.”

2. Niat Shalat Idul Fitri untuk Makmum

Berikut ini bacaan niat sholat Idul Fitri yang dibaca makmum:

ุงูุตูŽู„ูู‘ู‰ ุณูู†ูŽู‘ุฉู‹ ู„ูุนููŠู’ุฏู ุงู„ููุทู’ุฑู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูุณู’ุชูŽู‚ู’ุจูู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉู ุฃูŽุฏูŽุงุกู‹ ู…ูŽุฃู’ู…ููˆู’ู…ู‹ุง ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œUshalli sunnatan li Idil Fitri rak’atayni mustaqbilal qiblati adฤ’an ma’mลซman lillฤhi ta’alaโ€

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

3. Niat Shalat Idul Fitri untuk Munfarid atau Shalat Sendiri

Berikut ini bacaan niat sholat Idul Fitri jika dilaksanakan sendirian:

ุงูุตูŽู„ูู‘ู‰ ุณูู†ูŽู‘ุฉู‹ ู„ูุนููŠู’ุฏู ุงู„ููุทู’ุฑู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูุณู’ุชูŽู‚ู’ุจูู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉู ุฃูŽุฏูŽุงุกู‹ ู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œUshalli sunnatan li Idil Fitri rak’atayni mustaqbilal qiblati adฤ’an lillฤhi ta’alaโ€

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah SWT.”

Baca juga : Daftar Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Beserta Arti

Tata Cara Shalat Idul Fitri

1. Niat

Niat didalam hati secara sadar merupakan rukun shalat, meskipun tidak dilafalkan tidak menjadi masalah. Sehingga, ZALORAns boleh meniatkan dalam hati bahwa akan melaksanakan shalat Idul Fitri tanpa membaca lafal niat seperti niat shalat Idul Fitri diatas.ย 

2. Takbiratul Ihram

Setelah niat, melaksanakan takbiratul ihram. Kemudian, membaca doa iftitah, lalu disunnahkan takbir lagi hingga 7 kali pada rakaat pertama. Di setiap setelah takbir dianjurkan membaca:

ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ูƒูŽุจููŠุฑู‹ุงุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ูƒูŽุซููŠุฑู‹ุงุŒ ูˆูŽุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุจููƒู’ุฑูŽุฉู‹ ูˆูŽุฃูŽุตููŠู„ู‹ุง

Artinya: โ€œAllah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petangโ€

Atau membaca bacaan berikut:

ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽ ุฅูู„ูฐู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู

Artinya: โ€œMaha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besarโ€

3. Membaca Surat Al-Fatihah dan Al-A’la

Kemudian, dilanjutkan membaca Al-Fatihah dan surat pendek seperti shalat wajib biasa. Namun, pada shalat Idul Fitri rakaat pertama ini dianjurkan membaca surat al-A’lรข. Setelah itu, rukuk, sujud, iโ€™tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, dan seterusnya hingga berdiri lagi seperti sholat wajib.

4. Takbir 5 Kali

Setelah itu, berdiri kembali untuk melaksanakan rakaat kedua. Pada rakaat kedua ini takbir sebanyak 5 kali. Pada sela-sela takbir melafalkan bacaan yang sama dengan rakaat sebelumnya.

Kemudian, membaca Al-Fatihah dan surat pendek, serta melakukan gerakan shalat seperti biasa hingga salam. Takbir sebanyak 5 atau 7 kali ini hukumnya sunnah.

5. Mendengarkan Khutbah

Setelah shalat Idul Fitri berjamaah di masjid, terdapat khutbah yang sebaiknya kita dengarkan dengan seksama. 

Rekomendasi Perlengkapan Shalat

1. Sajadah Syaheera Alzam Couple

Source: Zalora

Sajadah berbahan kanvas tebal ini menggunakan furing swede yang high quality, dijamin ngga akan nyesel deh! ZALORAns bisa couplean sajadah bareng orang tersayang nih! Warna olive dan brown sangat cakep dan minimalis untukmu.

Perpaduan warna yang adem menambah kekhusyukan saat beribadah dengan sajadah dari sajadah Syaheera! Dikemas dengan box yang exclusive dan super cantik, sehingga bisa menjadi hampers atau kado juga.

2. Sajadah Premium Hikmet Navy by Siti Khadijah

Source: Zalora

Sajadah yang memiliki material yang lembut pada kulit ini didesain dengan warna yang tidak terlalu glossy. Corak desain terinspirasi dari manuskrip dan kitab semasa era Turki Uthmaniyah. Setiap pembelian Sajadah Hikmet ini mendapatkan box exclusive dengan corak dan desain yang sama dengan sajadah. Bisa banget nih jadi hadiah Hari Raya!

Baca juga : 4 Rekomendasi Rompi Sholat Pria

Itulah bacaan niat dan tata cara melaksanakan sholat Idul Fitri yang bisa kamu pelajari. Serta, berbagai koleksi perlengkapan shalat lainnya yang bisa ZALORAns temukan lengkap hanya di ZALORA!

Mau cari berbagai perlengkapan sholat yang berkualitas dengan harga terjangkau? Cek koleksi selengkapnya hanya di ZALORA! Dapatkan promo spesial yang menarik untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama