Ternyata Ini Arti Gelang Tridatu Bali, Jangan Asal Pakai!

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Apakah kamu familiar dengan gelang tali yang memiliki corak perpaduan warna merah, hitam dan putih? Biasanya gelang ini sangat mudah ditemukan di Bali dan biasa dijadikan sebagai oleh-oleh. Nah, itulah yang disebut Gelang Tridatu! Apakah kamu baru tahu namanya?

Awalnya, gelang Tridatu digunakan sebagai penanda orang Bali. Jadi, jika kamu melihat orang memakai gelang Tridatu, bisa dipastikan orang tersebut merupakan warga Bali. Namun tidak dengan sekarang, seiring perkembangan zaman, gelang ini mulai banyak dikenal oleh banyak orang diluar Bali dan sering digunakan sebagai cinderamata. Warnanya yang unik dan simple menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga, kini semua orang bisa memakainya meskipun bukan orang Bali atau bahkan bukan umat Hindu sekalipun.

Ternyata gelang Tridatu bukan gelang sembarangan lho! Ada arti mendalam secara spiritual dibalik gelang Tridatu tersebut bagi masyarakat Bali. Inilah beberapa hal yang mungkin saja kamu belum tahu tentang gelang Tridatu.

Apa Arti Gelang Tridatu?

Source: Pinterest

Tridatu berasal dari kata Tri yang berarti tiga dan Datu yang berarti elemen atau warna. Sehingga, Tridatu bisa dikatakan memiliki arti tiga elemen yang berasal dari tiga benang dengan tiga warna yaitu merah, putih, dan hitam.

Tiga warna benang tadi melambangkan kesucian Tuhan dalam manifestasinya. Benang warna merah melambangkan kekuatan Dewa Brahma sebagai Pencipta, Dewa Wisnu sebagai Pemelihara yang dilambangkan dengan warna hitam, serta warna putih yang melambangkan kekuatan Dewa Siwa sebagai Pelebur. Selain itu, gelang Tridatu juga bermakna Tri Kona yang berarti lahir, hidup, dan mati sebagai tiga perjalanan hidup yang akan dijalani oleh manusia. 

Benang yang dipakai untuk membuat gelang ini telah melalui proses ritual sebelumnya. Sehingga, orang Hindu meyakini bahwa gelang Tridatu memiliki kekuatan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Oleh karena itu, diharapkan bagi orang yang memakainya selalu mengingat Tuhan dalam setiap langkahnya.

Asal Mula Gelang Tridatu

Source: Pinterest

Awal mula penggunaan gelang Tridatu adalah sebagai anugerah bagi orang yang mendekatkan dirinya pada Tuhan. Gelang Tridatu dipercaya dapat menjauhkan dan melindungi diri dari hal-hal negatif dan marabahaya. Sehingga diharapkan, manusia akan selalu bisa tetap berada dijalan yang benar.

Benang Tridatu pertama kali diberikan kepada orang yang datang ke Pura Dalem Ped Nusa Penida. Hingga kini, gelang Tridatu dibagikan kepada setiap umat yang datang ke seluruh Pura di Bali.

Baca juga : Model Cincin Emas Simple dan Cantik Untuk Remaja

Pemakaian Gelang Tridatu  

Source: Pinterest

Bagi kamu yang bukan penganut agama Hindu tidak masalah jika ingin memakai gelang Tridatu ini. Namun, terdapat aturan pemakaian yang harus kamu lakukan. Gelang Tridatu tidak boleh dipakai sembarangan. Dilarang memakai gelang Tridatu di tangan sebelah kiri seperti accessories yang lain, sehingga kamu wajib memakainya di tangan sebelah kanan. Selain itu, tidak memakainya pada kaki, karena dianggap sebagai bentuk pelecehan dan penistaan terhadap agama Hindu.

Baca juga : Model Kalung Emas Putih, Simple Hingga Glam!

Itulah arti serta beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang gelang Tridatu. Apakah kamu sudah pernah mendengarnya sebelumnya?

Dapatkan berbagai produk perhiasan yang cantik dari brand-brand terkenal hanya di ZALORA. Nikmati ekstra diskon menarik yang sedang menantimu!

Penulis: Fitrian Nurentama