Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Efektif

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Ketombe menjadi salah satu permasalahan rambut yang sering terjadi, ditandai oleh pengelupasan kulit mati dan terlihat seperti serpihan putih. Munculnya ketombe dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk ketidakseimbangan minyak di kulit kepala, kulit kepala yang kering, atau reaksi terhadap bahan kimia dalam produk perawatan rambut. 

Ketombe dapat menjadi masalah yang mengganggu dan membuat tidak percaya diri bagi banyak orang. Ketika kulit kepala mu ketombean, itu bisa menjadi sesuatu yang cukup menjengkelkan. Namun, ada banyak cara yang efektif untuk mengatasi dan menghilangkan ketombe. Kamu harus tahu berbagai metode dan tips yang dapat membantumu mengatasi ketombe, sehingga kamu bisa memiliki kulit kepala yang sehat dan rambut yang bersih bersinar.

Bagaimana Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Cepat?

1. Pakai Shampo Anti Ketombe

Source: The Body Shop

Shampo anti ketombe dapat menjadi solusi yang sangat efektif untuk mengatasi dan mencegah ketombe. Jika kamu memiliki jenis rambut berminyak, kamu harus rutin keramas agar kulit kepala bersih dari kotoran, namun jangan setiap hari! Terlalu sering keramas malah dapat membuat minyak alami rambut berkurang, sehingga kulit kepala kering dan mengelupas, menyebabkan ketombe semakin parah.

Pilihlah shampo dengan kandungan Zinc Pyrithione, Ginger Extract, Ketoconazole, Asam Salisilat, dan Selenium Sulfida. Salah satu shampo anti dandruff yang bisa kamu pilih yaitu The Body Shop Shampoo Anti Dandruff. Kandungan ini selain dapat mengurangi ketombe, juga dapat mengurangi gatal pada kulit kepala.

Baca juga : 3 Tutorial Kepang Rambut Simple Untuk Pemula!

2. Tea Tree Oil

Source: Zalora

Tea tree oil telah dikenal karena sifat antimikroba dan anti inflamasi alaminya. Khasiat alami ini membuat tea tree oil menjadi bahan yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk ketombe. Ketombe yang seringkali disebabkan oleh pertumbuhan jamur atau ketidakseimbangan minyak di kulit kepala, dapat sangat mengganggu dan merusak kesehatan kulit kepala serta penampilan.

Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes Utama Spice Tea Tree Essential Oil pada shampo dan keramas seperti biasa.

3. Baking Soda

Source: Pinterest

Baking soda yang juga dikenal sebagai natrium bikarbonat merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam berbagai keperluan memasak, namun tahukah kamu kalau baking soda dapat digunakan sebagai bahan perawatan kulit kepala? Baking soda telah ditemukan memiliki sifat eksfoliasi alami dan dapat membantu mengatasi masalah ketombe. 

Ketombe yang ditandai dengan pengelupasan kulit mati dan gatal di kulit kepala, bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu. Baking soda mampu mengurangi ketombe dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak pada kepala, serta dapat mengembalikan kesehatan kulit kepalamu. Campurkan baking soda dengan beberapa tetes air, lalu gosokkan perlahan ke kulit kepala.

Baca juga : Vitamin Rambut yang Bagus, Nutrisi dan Jaga Rambut Tetap Sehat

4. Cuka Apel

Source: Pinterest

Cuka sari apel, selain menjadi bahan masakan juga dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan dan kecantikan termasuk untuk mengatasi masalah ketombe. Rasa gatal dan pengelupasan kulit kepala dapat menjadi sangat mengganggu penampilan. 

Namun, banyak orang telah menemukan cuka sari apel sebagai solusi alami yang efektif untuk mengatasi masalah ini, karena dapat mencegah munculnya jamur penyebab ketombe. Campurkan setengah cangkir cuka sari apel dan 1,5 cangkir air dingin, oleskan ke seluruh kepala dan bilas dengan air. Setelah itu, kamu bisa mengaplikasikan kondisioner.

5. Masker Pisang

Source: Pinterest

Masker pisang menjadi solusi alami yang menarik untuk mengatasi masalah ketombe. Ketombe bisa jadi sangat menjengkelkan dan mempengaruhi kepercayaan diri. Pisang yang kaya akan nutrisi dan bahan-bahan alami dapat digunakan untuk meredakan ketombe dan meremajakan kulit kepala. Lumatkan satu buah pisang hingga lembut dan aplikasikan pada rambut dan kulit kepala sebagai masker. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air hangat.

Baca juga : Shampo untuk Atasi Rambut Rontok. Anti Botak!

Dari shampo anti ketombe hingga bahan alami, banyak pilihan cara untuk membantu menghilangkan ketombe. Dengan menjaga kebersihan kulit kepala dan melakukan perawatan yang tepat, kamu dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan ketombe. Jadi, jangan menyerah, dan terus berusaha untuk mencapai kulit kepala yang bebas ketombe dan penampilan yang lebih percaya diri.

Dapatkan berbagai produk hair care dengan harga terjangkau dari brand-brand ternama hanya di ZALORA. Nikmati ekstra diskon dan promo menarik lainnya khusus untukmu!

Penulis: Fitrian Nurentama