Cara Mengetahui Ukuran Cincin yang Sesuai dengan Jari

Belanja produk fashion original hingga kecantikan dan terlengkap di ZALORA. Dapatkan diskon hingga penawaran harga murah khusus untukmu! 

Cincin merupakan aksesoris berupa perhiasan yang paling banyak digunakan. Baik sebagai aksesoris untuk melengkapi outfit hingga sebagai barang penting untuk simbol pernikahan. Jari tangan manusia tentu memiliki beragam ukuran yang berbeda. Untuk itu, penting rasanya bagi kamu mengetahui ukuran cincin yang pas dengan jari agar tak terlalu kebesaran atau kekecilan.

Kalau kamu ingin membeli cincin secara online, sebenarnya kamu bisa mengukur cincin kamu sendiri di rumah lho. Bahkan dengan menggunakan metode yang mudah. Bagaimana sih caranya? Berikut ini kami akan menjelaskan cara mengetahui ukuran cincin untuk pria dan wanita yang bisa kamu coba.

Baca juga : Intip Model Cincin Emas Terbaru, Elegan dan Mewah

Gunakan Pengukur Cincin (Ring Sizer)

Source : ZALORA

Salah satu cara paling akurat untuk mengetahui ukuran cincin adalah dengan menggunakan alat khusus yang disebut pengukur cincin atau ring sizer. Alat ini biasanya terdiri dari serangkaian cincin berukuran berbeda yang dapat kamu coba pasang di jari. Coba satu per satu hingga kamu menemukan ukuran yang nyaman dan pas. Pada bagian dalam ring sizer, kamu bisa membaca keterangan ukuran yang tertera pada cincin pengukur tersebut.

Gunakan Pita Pengukur

Jika kamu tidak memiliki alat pengukur cincin, kamu bisa menggunakan pita pengukur khusus atau bahkan sepotong tali untuk mengukur keliling jari. Caranya dengan membungkus pita pengukur atau tali di sekitar jari yang ingin kamu pasangkan cincin. Pastikan pita atau tali pas, tetapi tidak terlalu ketat. Tandai tempat di mana ujung pita atau tali bertemu, lalu ukur panjangnya dengan penggaris dengan satuan (mm). Hasil pengukuran ini akan memberi kamu lingkar jari, yang nantinya dapat diubah menjadi ukuran cincin.Samakan hasil pengukuran ini dengan ukuran pada tabel cincin.

Baca juga : Model Cincin Emas Simple dan Cantik Untuk Remaja

Tabel Ukuran Cincin

Pada gambar di bawah ini, kamu bisa mengetahui ukuran cincin yang pas untuk jari kamu. Skalanya bisa dipakai untuk jari wanita maupun pria ya. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat dengan detail di bawah ini.

Source : Alexey Bezrodny from iStock

3 = 14 mm

4 = 14.8 mm

5 = 15.6 mm

5.5 = 16 mm

6 = 16.45 mm

6.5 = 16.9 mm

7 = 17.7 mm

8 = 18.2 mm

8.5 = 18.6 mm

9 = 19 mm

9.5 = 19.4 mm

10 = 19.8 mm

10.5 = 20.2 mm

11 = 20.6 mm

11.5 = 21 mm

12 = 21.4 mm

12.5 = 21.8 mm

13 = 22.2 mm

13.5 = 22.6 mm

Baca juga : Model Kalung Emas Putih, Simple Hingga Glam!

Itulah dia cara mengetahui ukuran cincin untuk jari pria dan wanita dan tabel lengkap ukuran cincin berdasarkan satuan milimeter (mm). Semoga membantu kamu ya!

Mau beli aksesoris cincin model terbaru dengan harga lebih murah? Cek Zalora sekarang juga dan dapatkan berbagai model cincin kekinian dengan harga diskon khusus untuk kamu. Yuk, cek Zalora sekarang!

Penulis : Alfianita Karismawati